cover
Contact Name
JPPM
Contact Email
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Palembang-Prabumulih, Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557370     EISSN : 26851628     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan nonformal di Indonesia . Masalah yang dibahas meliputi topik, (1) Pendidikan Berbasis Masyarakat: melek huruf, kesetaraan, kursus, pelatihan, keterampilan hidup, konseling komunitas, pemberdayaan masyarakat, pekerjaan sosial; (2) Pendidikan Berbasis Keluarga: pengasuhan anak, pendidikan anak usia dini, kelompok bermain, homeschooling.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT" : 9 Documents clear
KEBIASAAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI KAMPUNG 1 DESA MUARA BELITI BARU KABUPATEN MUSI RAWAS Lola Fitri Yana; Azizah Husin; Imron A Hakim
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kebiasaan hidup bersih dan sehat yang sudah diterapkan oleh anak usia dini Di Kampung 1 Desa Muara Beliti Baru Kabupaten Musi Rawas. Subjek penelitian adalah anak usia 4 tahun berjumlah 6 orang dengan kriteria anak usia dini yang memiliki ibu tidak bekerja. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kebiasaan hidup bersih mempunyai rata-rata kurang atau belum baik, karena dari delapan indikator hidup bersih hanya tiga indikator yang sudah dibiasakan oleh anak usia dini yaitu menggosok gigi ketika mandi pagi dan sore, memotong kuku ketika kuku mulai panjang, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan. Kebiasaan hidup sehat mempunyai rata-rata kurang atau belum baik, karena masih ada anak usia dini yang tidak mau makan teratur tiga kali sehari dengan komposisi yang sesuai dengan gizi seimbang. Temuan dilapangan juga didapatkan bahwa anak yang paling banyak belum membiasakan hidup bersih dan sehat adalah anak yang mengikuti pendidikan anak usia dini. Faktor ini dikarenakan orang tua hanya mengandalkan pendidikan anak usia dini untuk mendidik anak tetapi ketika dirumah orang tua belum membiasakan sehingga anak mencontohkan apa yang dilakukan oleh orang tua. Ditambah lagi orang tua belum mengajarkan  kebiasaan  kepada anak.
PENDAMPINGAN ANAK OLEH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN DI DESA SUNGAI KELI KABUPATEN OGAN ILIR Rahmita Rahmita; Imron A Hakim; Evy Ratna Kartika Waty
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan anak usia 9-12 tahun oleh orang tua dalam menanamkan kemandirian di Desa Sungai Keli, Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi data primer yang diperoleh dari orang tua dengan menggunakan angket dan data sekunder diperoleh dari buku, catatan, atau arsip yang berhubungan dengan penelitian ini. Sampel diambil sebanyak 20 responden. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan penskoran dan presentase. Hasil yang didapat dari penelitian ini dari 4 indikator yakni kemandirian dalam merawat diri, kemandirian mengelola emosi berjalan dengan baik sedangkan kemandirian dalam belajar dan kemandirian dalam nilai terutama nilai spiritual masih rendah. Presentase yang diperoleh pada kategori baik sebesar 65% atau 13 dari 20 responden. Simpulan dari penelitian ini yakni pendampingan berjalan dengan baik dan sangat berpengaruh pada kemandirian anak.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PADA PESERTA PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO Dwiana Septian Setyabudi; Khomsun Nurhalim; Ilyas Ilyas
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8311

Abstract

Karakteristik adalah suatu hal yang melatar belakangi semangat kerja dan prospek kerja individu dalam kemauannya menjalankan suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik individu dalam memperoleh keterampilan yang diajarkan oleh tutor. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan karakteristik jenis kelamin dan karakteristik lingkungan terhadap penguasaan keterampilan pada peserta pelatihan di panti pelayanan social anak taruna yodha sukoharjo dengan nilai Fhitung 29,610 dan signifikansi sebesar 0,000; terdapat pengaruh signifikan karakteristik jenis kelamin dan lingkungan terhadap penguasaan keterampilan pada peserta pelatihan di panti pelayanan social anak taruna yodha sukoharjo dengan nilai thitung 4,050 dan signifikansi 0,000; dan nilai thitung 4,838 dan signifikansinya sama 0,000.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM DINIYAH UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PERMATA BARU INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR Refli Sutejo; Azizah Husin; Didi Tahyudin
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  pelaksanaan pembelajaran program diniyah yang meliputi proses pelaksanaan pembelajaran dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada Kepala Program Diniyah, Tutor Program diniyah dan Staf Program Diniyah. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian pelaksanaan pembelajaran pada Program Diniyah hanya pada pelaksanaan program. Sebagai Program penambah pembelajaran Agama Islam, Program Diniyah belum membantu pihak sekolah dalam meningkatkan pengetahuan tentang pembelajaran Agama Islam. hal tersebut dibuktikan dengan sedikit nya peserta didik yang memperoleh nilai baik dalam proses pembelajaran dan ujian.  faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi fasilitas belajar yang masih sangat terbatas, tutor tidak memiliki jadwal pelajaran dan tingkat kehadiran peserta didik yang berkurang dari waktu ke waktu. Jadi dapat disimpulkan bahwa  pelaksanaan pembelajaran pada program diniyah belum berjalan dengan baik. Tutor belum melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajran secara sistematis. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai proses pembelajaran, pengaruh Program Diniyah dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada Program Diniyah.
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN TUDUNG SAJI DARI ROTAN DI DESA MUARA TENANG KECAMATAN DEMPO SELATAN KOTA PAGAR ALAM Melanda Septrilia; Azizah Husin; Imron A Hakim
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Tudung Saji dari Rotan yang meliputi Pelatihan Keterampilan Tudung Saji, Pengetahuan, dan Proses Perubahan Sosial-ekonomi. Jenis Penelitian ini Menggunakan pendekatan Kualitatif. Responden berjumlah tiga orang yaitu ibu rumah tangga. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Keterampilan Tudung Saji dari Rotan di Desa Muara Tenang Kota Pagar Alam dapat meningkatkan perekonomian masyarakat segi sosial telah terjadi perubahan seperti yang awalnya ibu rumah tangga belum memiliki pergaulan yang luas dan banyak teman. Disarankan untuk Pemerintah setempat agar memberikan dukungan dan bantuan modal dalam kegiatan Pelatihan Keterampilan Tudung Saji.
PELATIHAN KETERAMPILAN MINIATUR BAGI WARGA BINAAN DI RUTAN KELAS IIB REMBANG Ajeng Yuanita; Liliek Desmawati
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8307

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterampilan bagi narapidana yang sedang menjalani masa pidananya di RUTAN Kelas IIB Kabupaten Rembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan miniatur bagi warga binaan di RUTAN Kelas IIB Rembang 2) mendeskripsikan kendala dalam  pelaksanaan  pelatihan keterampilan pembuatan miniatur di RUTAN Kelas IIB Rembang. Pendekatan penelitian  ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Lokasi penelitian di RUTAN Kelas IIB Rembang. Informan terdiri dari 1 pembina dan 3 warga binaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber dan metode. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) Materi yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan belajar dengan menggunakan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Evaluasi yang digunakan adalah sumatif. (2) Kendala yang dihadapi adalah peserta yang terkadang malas, belum diberikannya pembelajaran tentang managemen pemasaran, dan ruangan yang digunakan terlalu kecil.
PERAN KADER DALAM LAYANAN BINA KELUARGA BALITA (MATAHARI XI KELURAHAN BOJONGBATA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG) Widi Nur Pujiati; Emmy Budiartati; Utsman Utsman
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran kader dalam layanan BKB. 2) faktor pendukung dalam layanan BKB. 3) faktor penghambat dalam layanan BKB dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kader, peserta, ketua BKB, PLKB, kepala kelurahan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) peran kader dalam layanan BKB meliputi penanaman nilai-nilai BKB pada peserta dan keberhasilan dalam pelaksanaan BKB baik administrasi ataupun pelaksanaannya; 2) faktor pendukung dalam layanan BKB yaitu sarana dan prasarana, dukungan/kerjasama dari BAPERMAS KB dan PP, anak dan ketersedian peserta, serta kesiapan kader; 3) faktor penghambat dalam layanan BKB yaitu partisipasi kader, partisipasi peserta, waktu pelaksanaan kegiatan, dan anggaran.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BUILD BETTER COMMUNICATION SEMARANG Annisa Hidayatun; Achmad Rifai; Sungkowo Edy Mulyono
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8309

Abstract

Dewasa ini untuk mendapatkan pekerjaan yang layak tidak hanya dilihat dari nilai akademis saja, namun dilihat pula dari keterampilan yang kita miliki. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki di era sekarang ini adalah komunikasi dalam berbahasa inggris. Manajemen pembelajaran yang baik akan mempengaruhi kualitas belajar peserta didik sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran program ECIP di BBC Semarang, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui Perencanaan pembelajaran meliputi perekrutan peserta didik setelah itu menyiapkan rencana pembelajaran dengan berpedoman pada program outline. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan persyaratan pelaksanaan dan pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Evaluasi dilakukan dengan tes dan non tes.
POLA ASUH KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN MENTAL SPIRITUAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PRABUMENANG MUARA ENIM Yayang Zulaidah; Evy Ratna Kartika Waty; Imron A Hakim
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v6i1.8314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh keluarga dalam mengembangkan mental spiritual anak usia sekolah dasar di Desa Prabumenang Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini adalah penelitiandeskriptif kuantitatif, populasi yang ada berjumlah 116 keluarga dengan sampel 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemudian dikuatkan dengan observasi dan dokumentasi. Pengukuran pola asuh keluarga dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dengan penskoran dan kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pola asuh keluarga dalam mengembangkan mental spiritual anak usia sekolah dasar dari indikator memimpin, merawat dan membimbing bahwa 34 responden yang ada pada kategori baik. Simpulan dari penelitian ini yakni pola asuh keluarga pada anak sangat berpengaruh terkait pengembangan mental spiritual anak. Saran diharapkan untuk memperbaiki kekurangan dari hasil penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 9